Ibu rumah tangga,  mahasiswi, karyawan,  jadi reseller bisnis penghasilan puluhan juta / bulan, modal kemauan dan android aja. Daftar bisnis gratis disini!!

#KerjaDariRumah #BisnisDariRumah
Reseller Indonesia | Reseller kecantikan | Reseller Nu Skin  |

Rumus Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Pria

7 Rumus Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria Wanita

Cara menghitung berat badan ideal wanita maupun pria tidaklah terlalu sulit. Meskipun di jaman sekarang ada aplikasi gadget untuk menghitung berat badan ideal, menghitung sendiri dengan rumus pun sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah.
Yakni mengerti bagaimana cara mengukur berat badan ideal wanita, rumus berat badan ideal pria, berat badan ideal sesuai tinggi badan, berat badan ideal sesuai umur, dan yang lainnya. Nah, pembahasan kita kali ini berhubungan dengan BB ideal secara lengkap. Termasuk tentang kalkulator berat badan ideal, tabel berat badan ideal, dan menghitung berat badan ideal secara Online.
Nah, bagaimana cara mengukur atau menghitung tinggi dan berat badan ideal wanita dan pria? Biasanya dapat menggunakan beberapa rumus standar kesehatan yang sudah lazim digunakan, diantaranya yakni rumus BMI, rumus Brocha, dan juga rumus konvesional biasa. Simak berikut ini 

Rumus berat badan ideal secara umum

Formula berat badan ideal cukup beragam. Secara umum, kita hanya akan membahas 3 rumus yang paling populer di Indonesia, yakni rumus Broca, BMI (Body Mass Index), dan rumus yang sudah disederhanakan.

Pertama, rumus Broca atau Devine

Rumus berat badan ideal pertama adalah rumus Broca, rumus ini disebut juga sebagai rumus devine. Rumus ini ditemukan tahun 1871 oleh Dr. Pierre Paul Broca dan kemudian dipopulerkan oleh Dr. BJ Devine pada sekitar tahun 1970 an. Jika Anda ingin melakukan diet, sebaiknya jangan menggunakan rumus Broca ini sebagai acuan berat badan ideal karena ada beberapa kekurangan dalam rumus ini.Berikut adalah rumus devine atau rumus Broca sebagaimana dilansir dari tulisan Steven B. Halls (2005)
  • BB ideal wanita = (tinggi – 100) +- (15% x (tinggi – 100))
  • BB ideal pria = (tinggi – 100) +- (10% x (tinggi – 100)
Keterbatasan dari rumus Broca untuk menghitung BB ideal wanita adalah bahwa jika wanita memiliki tinggi badan di bawah rata-rata, maka hasil BB idealnya juga akan kecil. Atau dengan kata lain semakin pendek tubuh seorang wanita, semakin kurus pula badannya.

Lean Body Weight

Padahal dalam penghitungan BB ideal, ada istilah Lean Body Weight. Artinya adalahperhitungan berat badan yang berdasarkan pada berat tulang, organ tubuh, dan otot, sedangkan lemak tidak akan terhitung. Dengan begitu, jika kita menghitung BB ideal wanita yang mempunyai tinggi badan relatif pendek, hasilnya akan mendekati Lean Body Weight ini. Jadi jika Anda sedang menjalankan program diet, sedangkan tinggi badan di bawah rata-rata, maka jika Anda menggunakan cara menghitung berat badan ideal dengan rumus Broca bisa membuat badan Anda terlihat  sangat kurus, bahkan mungkin bisa dibilang tidak sehat.

Cara menghitung berat badan ideal wanita.
Rumus :
BBI wanita (kg) = {TB (cm) – 100} - {15% x (TB (cm) – 100)}
Contoh ada seorang wanita mempunyai tinggi badan 160 cm, maka cara menghitung berat idealnya yakni :

BBI = {TB – 100} - {15% x (TB – 100)}
BBI = (160 – 100) – {15% x (160 – 100)}
BBI = 51 Kg

Cara menghitung berat badan ideal pria.

Rumus :
BBI pria (kg) = {TB (cm) – 100} - {10% x (TB (cm) – 100)}
Contoh ada seorang pria mempunyai tinggi badan 175 cm, maka cara menghitung berat idealnya yakni :

BBI = {TB – 100} - {10% x (TB – 100)}
BBI = (170 – 100) – (10% x (170 – 100))
BBI = 63 Kg

Kedua, rumus BMI (Body Mass Indeks) – IMT (Indeks Masa Tubuh)

BMI atau Body Mass Index atau umum juga dimaksud IMT (Indek Massa Badan) kerapkali di jadikan referensi untuk tahu berat tubuh seorang. Rumus ini menggabungkan perhitungan pada tinggi serta berat tubuh seorang , di mana berat badan dibagi dengan tinggi badan pangkat dua. Rumus cara menghitung berat badan ideal pria wanita yang satu ini sering digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk menentukan bobot idealnya sebelum menjalankan diet. Rumus penghitungannya menggunakan parameter tinggi dan berat badan saat ini.

Cara menghitung berat badan ideal dengan BMI ini sudah distandarkan oleh WHO. Nilainya adalah angka yang wajar (standar) untuk menilai apakah seseorang memiliki BB ideal, terlalu kurus, gemuk, terlalu gemuk, atau bahkan obesitas. Berikut adalah rumusnya;

Berat Tubuh Ideal = Berat Tubuh (Kg) : (Tinggi tubuh x Tinggi tubuh) 
Sebagai Contoh : Berat tubuh anda 50 kg : (1, 68 m x 1, 68 m) = 45 : 2, 82 = 17, 0 yaitu Nilai BMI anda. 
STANDAR BMI UNTUK WANITA 
Nilai BMI Kategori 
BMI 18 =Under Weight/Kurus – Baiknya mulai memberi berat tubuh serta konsumsi makanan berkarbohidrat di imbangi dengan olah raga 
BMI 18 – 25 =Normal Weight/Normal – Bagus, berat tubuh anda termasuk juga kelompok ideal 
BMI 25 – 27 =Over Weight/Kegemukan – anda telah masuk kelompok gemuk. baiknya jauhi makanan berlemak serta awalilah tingkatkan berolahraga satu minggu minimum 2 kali 
BMI 27 =Obesitas – Baiknya selekasnya bikin program turunkan berat tubuh lantaran anda termasuk juga kelompok obesitas/sangat gemuk serta tak baik untuk kesehatan.
STANDAR BMI UNTUK PRIA 
Nilai BMI Kategori 
BMI 17       = Under Weight/Kurus – Lebih mengkonsumsi makanan berkalori 
BMI 17 – 23   = Normal Weight/Normal – Selamat berat tubuh anda termasuk juga ideal 
BMI 23 – 27   =Over Weight/Kegemukan – Mesti waspada 
BMI 27      =Obesitas – Warning, baiknya mengawali program menurunan berat tubuh supaya lebih ideal.

Tabel berat badan ideal

Berikut adalah tabel BB ideal yang disarankan dan diambil dari berbagai sumber, berdasarkan jenis kelamin, tinggi badan, serta bentuk tubuh;

Pertama, tabel BB ideal pria

Tabel Berat Badan Ideal Pria

Kedua, tabel berat badan ideal wanita

Tabel Berat Badan Ideal Wanita

Ketiga, tabel BB ideal menurut nilai BMI

Tabel Berat Badan Ideal BMI

Kalkulator Online

Kalkulator Online adalah kalkulator berat badan yang akan memudahkan Anda untuk menghitung berat badan ideal secara Online.
Untuk menghitung berat badan ideal secara Online, Anda hanya perlu memasukkan data yang dibutuhkan pada kotak yang tersedia seperti gambar diatas.

10 tips menaikkan berat badan ideal

Ada beberapa tips bagi Anda yang ingin mempunyai berat badan ideal:
  1. Jangan begadang
  2. Minum air putih
  3. Berolahraga 
  4. Karbohidrat sangat penting
  5. Atur jam makan dan porsinya (lebih sering dengan porsi kecil adalah hal baik)
  6. Kunyahlah makanan sampai halus
  7. Cukupi kebutuhan protein
  8. Vitamin dan mineral
  9. Hindari minum sebelum makan
  10. cukupi kebutuhan lemak
Perlu diingat, perhitungan diatas tidak termasuk untuk atlet dan ibu hamil.

Previous
Next Post »